Senin, 27 April 2015

Review Harriet Martineau



Harriet Martineau lahir di Norwich, inggris 12 Juni 1802. Salah satu tokoh yang terkenal dizamannya dengan salah satu karyanya The Positive Philosophy of Auguste Comte, Freely Translated and Condensed. Menurutnya subjek kajian sosiologi adalah kehidupan masyarakat yaitu:
·         Tatanannya
·         Penyebab-penyebabnya
·         Konsekuensinya
·         Probelem-problemnya

Masyarakat menurut Martineau:
·         Etnisitas kultur
·         Struktur
·         Hukum sosial
·         Prinsip perubahan
Sosiologi Martineau sering kali dianggap sebagai sosiologi yang dimana kebahagiaan sebagai tujuan dari kehidupan yang dimana hal tersebut diatur dalam hokum sosial kehidupan, dan kebahagiaan diartikan dimana individu dapat bertindak secara otonom sebagai agen moral dan praktikal. Otonomi sendiri berlawanan dengan dominasi, yang merupakan penyerahan kehendak diri atau apa yang diinginkan kepada orang lain.
Proyek sosoiologi Martineau sendiri adalah mengukur bagaimana manusia mampu mengembangkan moral dan prilaku yang dapat menghasilkan tujuan besar kehiupan sosial.
Sedangkan fokus perhatian dari Martineau adalah kelompok sosial yang tidak memiliki kekuasaan (Perempuan, Ras Minoritas, Narapidana, Pelayan, dan mereka yang membutuhkan bantuan)
Prinsip Metodologis dari Martineau adalah mengkaitkan antara tuntunan kebenaran ilmiah dengan tuntunan system moral secara menyeluruh, dan juga setiap orang memiliki kemampuan untuk berfikir positivistik