Rabu, 24 April 2013

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITB

Dari : 
http://www.itb.ac.id/usm-itb/Prodi/154.htm

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota – Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan
Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Teknik Planologi, merupakan salah satu program studi di SAPPK-ITB, berdiri pada tanggal 14 September 1959. PWK adalah program studi yang berkaitan dengan berbagai bidang ilmu yang lain, baik ilmu keteknikan maupun sosial ekonomi.
Dalam proses pendidikannya nanti ketika teman-teman menjadi mahasiswa PWK, teman-teman akan mendapatkan mata kuliah yang berasal dari bidang studi lain seperti geologi lingkungan, perpetaan, dll. Selain mata kuliah keteknikan, teman-teman juga akan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ilmu sosial, ekonomi dan ilmu politik seperti pada kuliah Aspek Sosial dalam Perencanaan, Kependudukan, Pengantar Ekonomika Perencanaan, Ekonomika Wilayah dan Kota, Pembiayaan Pembangunan, dan Ekonomika Transportasi, Pengembangan Komunitas, serta Perencanaan dan Politik, dll. Dalam penyelenggaraan perkuliahan tersebut prodi PWK didukung oleh 4 KK (Kelompok Keahlian), yaitu Perencanaan Wilayah & Perdesaan, Perencanaan & Perancangan Kota, Sistem Infrastruktur Wilayah & Kota, dan Pengelolaan Pembangunan & Pengembangan Kebijakan.
Sebagai ilustrasi, misalnya pada sebuah area kota, di dalam area tersebut terdapat banyak hal yang harus dipahami oleh seorang planner (sebutan untuk lulusan PWK). Misalnya saja pada area tersebuat terdapat komponen fisik berupa persawahan, pertokoan, perumahan, dsb. Sedangkan di sisi lain terdapat komponen-komponen non fisik, misalnya kemacetan, kepadatan penduduk, dsb. Jika seorang planner tidak memahami semua hal tersebut, maka tidak akan dapat membuat perencanaan yang baik. Dengan perencanaan yang tidak baik, akan dihasilkan suatu kondisi area yang tidak baik pula. Karena itulah, di PWK diajarkan banyak hal seperti hitungan, ekonomi, sosial, kelembagaan, politik, lingkungan, dan fisik. Perencanaan secara umum diperlukan untuk menciptakan kondisi masa mendatang yang lebih baik lagi; jadi tidak hanya sekedar membangun fisiknya saja.
Terdapat fakta menarik yang sudah sangat terkenal: dimanapun lulusan PWK bekerja, ia akan tetap mempunyai ciri khas yaitu cara berpikirnya yang runtut dan sitematis. Karena ketika teman-teman belajar di PWK,teman-teman tidak hanya belajar perencanaan wilayah dan kota saja tetapi belajar keseluruhan proses yang ada, atau biasa disebut orang sebagai POAC: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Setelah membuat rencana, harus ada proses yang dijalankan agar hasil rencana tersebut tetap baik dan berada pada rel yang benar. Oleh karena itu, rencana perlu diimplementasikan (dilaksanakan), kemudian dikelola, dan dikendalikan. Membuat sebuah rencana juga harus memperhatikan kondisi-kondisi masa lalu dan sekarang, atau dalam istilah kerennya: ”Learning The Past, Managing The Present, Shaping The Future”.
Prospek Kerja
Seorang alumni PWK mempunyai prospek kerja yang luas karena cakupan ilmunya yang luas, beberapa diantaranya:
  • Instansi Pemerintah
    • Sebagai pengajar, peneliti, dan pegawai di perguruan tinggi negara, Bappenas, PU, Departemen Dalam Negeri, BPPT, Kementerian Perumahan Rakyat, Pemda, Dinas Tata Kota, dan berbagai instansi pemerintah lainnya baik pusat maupun daerah
  • Sektor Swasta
    • Sebagai tenaga ahli di konsultan (perencanaan, pariwisata, dan lainnya) LSI (statistik), bagian pengembangan komunitas dari perusahaan seperti PT. Astra Internasional, PT. MedCo Energi, bagian perencanaan PT. Riau Andalan Pulp and Paper, developer dan kontraktor properti, pengajar dan peneliti di perguruan tinggi swasta, dan lainnya
  • LSM
    • Sebagai aktivitis di LSM karena ilmu sosial, komunitas, dan pemerintahan yang dipelajari seperti di AKATIGA, Sawarung, BIGS, dan lainnya
  • Diluar Keilmuan
    • Karena pola pikirannya yang runtut dan kemampuan untuk mengenal sebuah prinsip dasar manajemen maka lulusan PWK juga bisa bekerja di bank dan beberapa lembaga keuangan lain serta beberapa perusahaan swasta.
Dari forum kaskus
Prospek kerjanya alumni Teknik Planologi (PWK) cukup beragam.
1. Di Pemerintahan:
- Bappenas
- Depkeu
- Dep Pekerjaan Umum
- Dep Perhubungan (terutama yg ambil spesialisasi perencanaan transportasi)
- Depdagri
- Kementrian Lingkungan Hidup
- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
- Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal
- Pemerintah Daerah (Bappeda, Dinas Tata Kota, dll.), dll.
Saat ini di seluruh instansi tersebut, banyak pejabat eselon 1 dan 2 berasal dari Teknik Planologi ITB.
2. Di kantor2 organisasi internasional terkait bidang pembangunan:
- World Bank
- UNDP
- UNHCS (Habitat)
- ILO
- Asean Secretariat
- Asian Development Bank, dll
Di organisasi2 tsb. khususnya kantor Indonesia (WB Jakarta, UNDP Jakarta, dll) banyak dihuni oleh alumni Planologi ITB, standar salary utk WB dan UNDP Jakarta fresh graduate pertama masuk sekitar 20 jutaan.
3. Lembaga Swadaya Masyarakat terkait masalah pembangunan.
- URDI (Urban and Regional Development Institute)
- Yayasan Pelangi
- Akatiga,
- Semeru, dll.
4. Swasta
- Kontraktor/konsultan perencanaan kota/wilayah, pembangunan jalan, dll.
- Developer/Real Estate
- Konsultan Property (Procon Indah, dll)
5. Universitas (Dosen).
Karena jurusan Teknik Planologi/ Perencanaan Wilayah dan Kota ini ilmunya adalah ilmu pembangunan, maka alumni jurusan ini sangat cocok bekerja di pemerintahan dan organisasi2 internasional. Minimnya jumlah lulusannya membuat alumni jurusan ini sangat tidak kesulitan utk mendapatkan pekerjaan. Apalagi bila anda berbhs Inggris dgn baik, organisasi2 internasional sangat membutuhkan anda. Sebagai contoh, lulusan Teknik Perminyakan bekerja dengan gaji 9 juta di luar negeri yg berbiaya hidup tinggi, tetapi bila anda masuk World Bank, UNDP, ADB kantor Jakarta maka anda bergaji awal 20 jutaan dengan biaya hidup standar Indonesia yg murah. Di pemerintahan pun alumni jurusan ini sangat memegang peranan karena karakter ilmunya yg memang ilmu pembangunan. Namun bagi yg berminat di swasta, banyak konsultan dan developer yg akan menerima anda. Karena itu saat ini banyak universitas selain ITB yg membuka jurusan ini (ITS, Unibraw, Undip, Tarumanegara, dll.).
Perguruan tinggi di Indonesia yg ada jurusan planologi :
1. Institut teknologi medan (itm)
2. Univ. Bung hatta padang (ubh)
3. Univ. Tarumanagara jakarta (untar)
4. Univ. Trisakti jakarta (usakti)
5. Univ. Krisnadwipayana (unkris)
6. Univ. Indonusa esa unggul (unesa)
7. Institut teknologi indonesia tangerang (iti)
8. Univ. Pakuan bogor (unpak)
9. Univ. Pasundan bandung (unpas)
10. Univ. Islam bandung (unisba)
11. Institut teknologi bandung (itb)
12. Univ. Winayamukti (unwim) sumedang
13. Unikom bandung
14. Institut teknologi nasional bandung (ittenas)
15. Univ. Negeri sebelas maret solo (uns)
16. Univ. Diponegoro (undip)
17. Univ. Gajah mada yogyakarta (ugm)
18. Sekolah tinggi teknologi nasional yogyakarta (sttnas)
19. Univ. Islam sultan agung semarang (unnisula)
20. Univ. Brawijaya malang (unibraw)
21. Institut teknologi nasional malang (itn)
22. Institut teknologi sepuluh November Surabaya (its)
23. Univ. Sains dan teknologi jayapura (ustj) papua
24. Univ. Hasanuddin makassar (unhas)
25. Univ. 45 makassar
26. Univ. Islam alauddin makassar (uin)
27. Univ. Sam ratulangi (unsrat) manado
DI ITB
Sejarah
Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan salah satu program studi yang berada di dalam Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Institut Teknologi Bandung (ITB). Bertolak dari kebutuhan perencanaan yang ruang lingkupnya semakin luas dan kompleks, pada September 1959, Bagian Tata Pembangunan Daerah dan Kota (TPDK) dibentuk sebagai suatu jurusan pendidikan khusus di bawah Departemen Ilmu Teknik, ITB. Pada awal berdirinya, program studi ini didukung oleh sejumlah tenaga ahli dari Harvard University dalam rangka kerjasama dengan badan bantuan teknis, United Nations Technical Assistance Bureau (UNTAB). Semula Prodi PWK merupakan bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan; dan pada tahun 2006 berada pada Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Untuk jenjang pendidikan lanjut, pada tahun 1982 didirikan Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota (PMPWK), bekerja sama dengan Development Planning Unit, University College London. Selanjutnya, pada tahun 1986 dibentuk pula Program Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota. Saat ini Program Magister PWK juga menyelenggarakan Double Degree Program (DD), bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Belanda (Rijk University Groningen/RUG, ITC-Belanda) dan beberapa perguruan tinggi di Jepang (Kobe, Keio, Ritsumeikan, GRIPS, Yamaguchi, Miyazaki). Dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, program studi PWK-ITB didukung oleh 4 (empat) Kelompok Keahlian (KK), yaitu Perencanaan Wilayah dan Perdesaan (PWD), Perencanaan dan Perancangan Kota (PPK), Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota (SIWK) serta Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kebijakan (P2PK).
Dalam menangani persoalan pembangunan, para perencana wilayah dan kota perlu berpegang pada asas-asas pembangunan berkelanjutan, berpihak pada golongan yang kurang beruntung, dan melakukan penyesuaian struktural antara berbagai komponen. Untuk itu, lulusan program studi perencanaan wilayah dan kota dituntut untuk memiliki pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude) untuk menghasilkan alternatif penyelesaian yang tepat dan dapat diterima.
Untuk itu, pendidikan di Program Studi Sarjana PWK-SAPPK-ITB ditujukan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap dalam tiga hal, yaitu pola pikir dan wawasan rasional yang komprehensif, kemampuan berpikir strategis dan analitis untuk mendapatkan alternatif terbaik, dan kemampuan merumuskan alternatif pemecahan persoalan pembangunan yang dapat dipertanggungjawabkan secara teknis dan moral, dan disepakati oleh banyak pihak. Sasaran utama program pendidikan studi sarjana PWK adalah membentuk tenaga perencana wilayah dan kota dengan kualifikasi akademik dan profesional yang mampu berkiprah di dalam perencanaan wilayah dan kota.
Tujuan
Pendidikan pada Prodi PWK juga bertujuan untuk mengembangkan keahlian perencanaan wilayah dan kota agar mampu menciptakan suatu lingkungan hidup yang dapat dihuni dan produktif melalui berbagai upaya atau tindakan, yakni pengaturan atau penataan ruang kegiatan sosial-ekonomi yang mengikuti asas interdependensi. Oleh karena itu perencanaan wilayah dan kota pada hakekatnya merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan kemampuan berpikir multidisiplin.
Kurikulum
Kurikulum yang berlaku saat ini adalah Kurikulum 2008, yang terdiri dari Mata Kuliah Major dan Mata Kuliah Minor. Mata kuliah tersebut terdiri dari Mata Kuliah  Wajib ITB, Mata Kuliah Wajib Program Studi, Mata Kuliah Pilihan Program Studi, Mata Kuliah Pilihan Luar Program Studi. Mata kuliah Major terdiri dari mata kuliah wajib ITB dan mata kuliah program studi, sedangkan mata kuliah Minor terdiri dari mata kuliah pilihan di luar program studi yang sudah ditentukan oleh program studi yang menawarkannya. Bidang kajian yang diberikan meliputi teori perencanaan, metoda dan teknik perencanaan, organisasi tata ruang, sumberdaya alam dan lingkungan, pengembangan prasarana, manajemen pembangunan, sintesis dan perencanaan, serta kapita selekta dan topik khusus perencanaan.
Pada tahun pertama, mahasiswa belum masuk Program Studi dan masih mengikuti pendidikan pada SAPPK. Pada tahun kedua, mahasiswa menempuh pendidikan pada Program Studi. Pemilihan program studi didasarkan pada minat dan prestasi akademik mahasiswa.
Seleksi Masuk
Untuk mengikuti program pendidikan Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota, para lulusan SMU dapat masuk melalui jalur Ujian Seleksi Masuk (USM), Kemitraan Nusantara (KN)  atau Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN). Mahasiswa harus menyelesaikan 144 SKS yang dapat ditempuh dalam 8 semester, yang terdiri dari mata kuliah wajib ITB, mata kuliah wajib program studi, mata kuliah pilihan program studi, mata kuliah pilihan luar program studi. Mata kuliah pilihan (baik pilihan bebas maupun paket minor) disediakan untuk memberikan kebebasan dan kesempatan kepada mahasiswa dalam memilih bidang yang diminatinya dan menunjang Tugas Akhir yang dikerjakannya.
Gelar Sarjana Teknik (ST) di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota akan diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh perkuliahan dan mempertahankan Tugas Akhir pada Sidang Ujian Sarjana.
Jumlah mahasiswa baru 85 orang/tahun, dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 350 mahasiswa.  Sampai saat ini Prodi PWK telah menghasilkan lulusan sebanyak 1750 yang tersebar di tanah air.
Selain Program Strata-1, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota juga menyelenggarakan Program Strata-2/Magister dan Program Doktor. Program Magister terdiri dari Program Reguler, Program 13 Bulan (P-13), Program Double Degree ITB-Belanda (RuG, ITC), Program Double Degree ITB-Perguruan Tinggi di Jepang (Kobe, Keio, Ritsumeikan, GRIPS, Yamaguchi, Miyazaki).
Staf Pengajar
Penyelenggaraan kegiatan pengajaran (kuliah, praktikum) dilakukan oleh Pengajar Tetap yang berasal dari 4 Kelompok Keahlian (KK) yang ada di SAPPK (KK-PWD, KK-PPK, KK-SIWK, KK-P2PK), Pengajar Tidak Tetap, dan dibantu Asisten Pengajar.
S1
Staf Pengajar Tetap

Staf Pengajar Tidak Tetap


Asisten Dosen

  • Shanti YR, ST; MT; M.Sc.
  • Delik Hudallah, ST; MT; M.Sc.
  • Rina Priani, Ir; MT.
  • Nurmala, Ir; MT.
S2

s3
  • Tommy Firman, Ir. (ITB),M.Sc. (AIT),Ph.D. (U of Hawaii, USA) ,Prof
  • Benedictus Kombaitan,Ir. (ITB),MSc. (U of Wisconsin – Madison, USA),Dr (ITB)
  • Widiarto, Ir. (ITB),MCRP. (Ohio State U) ,Ph.D (U of Southern California, USA)
  • Arief Rosyidie, Drs (UGM) ,MSP. (ITB), M.Arch., Ph.D(KU Leuven, Belgia)
  • Heru Purboyo Hidayat Putro, Ir. (ITB),DEA. (Paris VIII), Doctor (Paris VIII)
  • Krishna Nur Pribadi, Ir. (ITB) ,M.Sc.,M.Phil. (Carnegie Mellon U, USA),Dr (UGM)
  • Roos Akbar, Ir. (ITB),M.Sc. (ITC the Netherlands),Ph.D (U of Queensland, Aus)
  • Teti Armiati Argo,Ir. (ITB),MES. (York U Canada),Ph.D (U of British Columbia, Canada)
  • Haryo Winarso, Ir. (UGM),M.Eng. (AIT),Ph.D (University College London)
  • Hastu Prabatmodjo, Ir. (IPB), MS. (Florida State U, USA), Ph.D (U of Queensland, Aus)
  • Myra P. Gunawan, Ir.,MSP (ITB),Dr (ITB)
  • Ibnu Syabri, M.Sc. (Kentucky U, USA),Ph.D (U of Illinois  Urbana Champaign, USA)
  • Dewi Sawitri,Ir. ,MT (ITB),Dr (ITB)
  • Tubagus Furqon Sofhani,Ir. (ITB) ,MA. (ISS, the Netherlands),Ph.D (U of Illinois Urbana-Champaign, USA)
Staf Pengajar Luar Biasa
  • Prof. Djoko Sujarto, Ir (ITB), M.Sc (Edinburgh), Dr (ITB)
  • Prof. BS Kusbiantoro, Ir (ITB), MA (UCLA), M.Sc (MIT), Ph.D (Penn)
  • Prof. Bambang Bintoro S., Ir (ITB), MRP (Cornell), Ph.D (N. Carolina)
  • Prof. Budhy Tjahjati Sugijanto, Ir (ITB), MCP (Harvard), Ph.D (MIT)
  • Uton Rustan, Ir (ITB), M.Sc (AIT), Dr (IPB)
Struktur Kurikulum 2008 Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota S1
Mata Kuliah Wajib Non Jalur Pilihan
Semester 1 Semester 2
URUT SEM KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS URUT SEM KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS
1 MA1101 Kalkulus IA 4 1 MA1201 Kalkulus IIA 4
2 FI1102 Fisika Dasar IB 3 2 FI1202 Fisika Dasar IIB 3
3 KI1102 Kimia Dasar I B 2 3 KI1202 Kimia Dasar II B 2
4 KU1101 Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan 2 4 KU1201 Sistem Alam & Semesta 2
5 KU1073 Pengenalan Teknologi Informasi C 2 5 KU1001 Olah Raga 2
6 KU102X Bahasa Inggris 2 6 KU1011 Tata Tulis Karya Ilmiah 2
7 AR1101 Dasar Perencanaan dan Perancangan 3 7 PL1201 Teknik Komunikasi dan Presentasi 3
Total = 18 SKS Total = 18 SKS
Total SKS TAHUN 1 = 36 SKS
Semester 3 Semester 4
URUT SEM KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS URUT SEM KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS
1 PL2101 Pengantar Data Spasial 3 1 PL2201 Pengantar Ekonomika Wil & Kota 2
3 YYYYYY Pilihan Mata Kuliah Lingkungan 3 2 PL2202 Analisis Lokasi dan Pola Keruangan 2
3 PL2103 Tata Guna Lahan 2 3 PL2203 Sistem Perumahan 2
4 PL2104 Infrastruktur Wilayah & Kota 3 4 PL2204 Perencanaan Infrastruktur & Transportasi 3
5 PL2105 Pengantar Ekonomika 2 5 PL2205 Metoda Analisis Perencanaan II 4
6 PL2106 Analisis Sosial & Kependudukan 3 6 PL2290 Studio Proses Perencanaan 4
7 PL2107 Metoda Analisis Perencanaan I 3



Total = 19 SKS Total = 17 SKS
Total SKS TAHUN 2 = 36 SKS
Semester 5 Semester 6
URUT SEM KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS URUT SEM KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS
1 PL3101 Hukum & Pengendalian Perencanaan 3 1 PL3201 Manajemen & Administrasi Pembangunan 3
2 PL3102 Pembiayaan Pembangunan 2 2 PL3202 Perencanaan Wilayah 3
3 PL3103 Perencanaan Kota 3 3 PL3203 Perencanaan Perdesaan 2
4 PL3104 Pengelolaan Infrastruktur & Transportasi 2 4 PL3204 Pengembangan Komunitas 2
5 PL3105 Teknik Evaluasi Perencanaan 2 4 ZZZZZZ Pilihan Mata Kuliah Manajemen 3
6 PL3190 Studio Perencanaan Tapak 4 5 PL3290 Studio Perencanaan Kota 4
Total = 16 SKS Total = 17 SKS
Total SKS TAHUN 3 = 33 SKS
Semester 7 Semester 8
URUT SEM KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS URUT SEM KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS
1 PL4101 Teori Perencanaan 3 1 KU206X Pilihan Mata Kuliah Agama dan Etika 2
2 PL4102 Metoda Penelitian 2 2 KU2071 Pancasila dan Kewarganegaraan 2
3 PL4103 Kerja Praktek 2 3 PL4201 Sistem Informasi Perencanaan 2
4 PL4190 Studio Perencanaan Wilayah 4 4 PL4291 Tugas Akhir 6
Total = 11 SKS Total = 12 SKS
Total SKS TAHUN 4 = 23 SKS
Total SKS = 128 SKS
Mata Kuliah Pilihan Program Studi
NO KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS
1 PL3001 Ekonomika Infrastruktur & Transportasi 2
2 PL3002 Aspek Kebencanaan dalam Perencanaan 2
3 PL3003 Pengembangan Lahan 2
4 PL3004 Pemodelan Wilayah & Kota 2
5 PL4001 Peremajaan Kota dan Perencanaan Kota Baru 2
6 PL4002 Pengantar Rancang Kota 2
7 PL4003 Pengembangan Kawasan Pesisir 2
8 PL4004 Perencanaan Partisipatif 2
9 PL4005 Seminar Studi Futuristik 2
10 PL4006 Perencanaan dan Politik 2
11 PL4007 Topik Khusus dalam Perencanaan 2
12 PL4008 Pengantar Kepariwisataan 2
13 PL4009 Pengantar Pembiayaan Perkotaan 2
14 PL4010 Kapita Selekta 2
Mata Kuliah Pilihan Luar Program Studi
NO KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS
1 AR4141 Perancangan Perumahan dan Permukiman 2
2 AR4142 Real Estate 2
3 AR4241 Tekno-Sosial untuk Perancangan 2
4 BI3204 Ekologi dan Pengelolaan Lahan Basah 3
5 BI4104 Entomologi 3
6 BI4202 Ekologi dan Pengelolaan Bentang Alam 3
7 DK3234 Sosiologi Komunikasi 2
8 GD3106 Geografi Lingkungan 3
9 GL3121 Pengantar Geologi Teknik 2
10 ME3236 Perubahan Iklim 3
11 OS3003 Manajemen Pesisir 2
12 SI4241 Manajemen dan Pengendalian Lalulintas 3
13 TG5124 Mitigasi Bencana 2
14 TL4113 Pengelolaan Sumber Daya Air 2
15 TL4116 Analisis Sistem Pengelolaan Lingkungan 2
16 TL4212 Teknologi Bersih 2
Total SKS = 38 SKS
Mata Kuliah Minor Program Studi (Paket Minor PWK)
NO KODE KULIAH NAMA KULIAH SKS
1 PL2102 Analisis SDA dan LH 4
2 PL2103 Tata Guna Lahan 2
3 PL2106 Analisis Sosial & Kependudukan 3
4 PL2201 Pengantar Ekonomika Wil & Kota 2
5 PL3103 Perencanaan Kota 3
6 PL3202 Perencanaan Wilayah 3
Total SKS = 17 SKS