Senin, 29 April 2013

Trik SNMPTN

Pada tulisan kali ini, admin PTN-Online akan sedikit membahas masalah tips-tips memilih jurusan dalam pendaftaran SNMPTN nanti. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa dalam mempersiapkan diri menuju ajang pesta seleksi terbesar bagi pemuda-pemudi Indonesia bukanlah hal yang mudah. Selain persiapan masalah keilmuan, mental, dan fisik, strategi juga merupakan faktor penting yang harus dipersiapkan mengingat pesaing kita yang jumlahnya tidak sedikit.
Ada banyak faktor “x” dalam SNMPTN nanti yang harus kita persiapkan. Oleh karena itu, dalam pendaftaran jurusan SNMPTN kita harus mempunyai opsi B yang juga sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Dalam pemilihan jurusan kedua (yang selanjutnya kita sebut ‘opsi B’) tentu juga butuh banyak pertimbangan. Sebelum lebih jauh meneliti kira-kira kita berada pada level mana dalam batas lulus SNMPTN, ada baiknya kita memilah dulu jurusan-jurusan apa saja yang  teman2 minati. Karena, harus diakui tidak sedikit mahasiswa baru yang pada awal tahun merasa “salah tempat” dan karena sebab itulah mereka menjalani kuliah dengan terpaksa atau bahkan mengundurkan diri dari perguruan tinggi yang bersangkutan.
Setelah kita yakin dengan pilihan jurusan keminatan kita, silakan teman2 petakan tingkat kesulitan jurusan yang bersangkutan sesuai dengan levelnya masing-masing. Setelah itu, silakan pilih jurusan yang akan teman-teman isi pada pendaftaran SNMPTN nanti dengan memperhatikan kedua parameter berikut:
1. Keminatan
sudah jelas, apa yang menjadi fokus kita di masa perkuliahan adalah mengembangkan kemampuan kita yang lebih spesifik yang tentunya berbeda dengan orang lain. Oleh karena itu, patut dikesampingkan masalah keprofesian dari jurusan terkait terlebih dahulu agar kemampuan kita yang berbeda itu dapat dimaksimalkan.
2. Keahlian
Satu hal yang menarik dari jenjang perguruan tinggi adalah adanya mata kuliah keahlian, mata kuliah ini yang biasanya mendapat perhatian lebih bagi suatu perusahaan. Karena, ketika temen2 bekerja di suatu perusahaan, yang dituntut bukanlah bagaimana temen2 dapat mengajarkan suatu ilmu kepada para pegawai, namun apa kebisaan yang bisa temen2 berikan di perusahaan tersebut. oleh karena itu, ada baiknya jurusan yang temen-temen pilih adalah jurusan yang temen sukai bidang-bidang keahliannya.
Mungkin, itu beberapa hal yang menurut saya terkait dengan pilihan pertama temen-temen dalam mendaftar sebagai peserta SNMPTN. Namun, ada beberapa hal yang menurut saya juga patut diperhatikan dalam pemilihan jurusan SNMPTN khususnya untuk opsi B yang menjadi “pilihan cadangan” temen2. Seperti saya sudah sebutkan dalam tulisan di atas bahwa kita patut menyusun strategi jikalau pilihan pertama kita ternyata memiliki tingkat keketatan yang cukup tinggi pada SNMPTN kali ini. Satu hal yang perlu temen2 lakukan ialah memilih jurusan mana yang memiliki “bangku kosong” paling besar di jalur SNMPTN. Tentunya tanpa mengabaikan keminatan temen2 dari jurusan yang bersangkutan.
Saran admin untuk masalah opsi B ini, walaupun jurusan yang temen2 minati itu memiliki keketatan yang cukup rendah secara keseluruhan, namun diusahakan sedapat mungkin temen-temen masih memilih jurusan dari 5 universitas besar yang ada di Indonesia. Karena, universitas juga bukan hanya masalah keilmuan yang temen2 cari, melainkan juga organisasi dan pergerakan kemahasiswaan di Univesitas yang bersangkutan. Selain itu, nama besar PTN yang bersangkutan juga dapat menjadi legitimasi sederhana gambaran diri temen2 sebagai seorang mahasiswa, karena kuliah itu bukan hanya belajar mandiri melainkan juga masalah lingkungan dan atmosfer pendidikan dari PTN yang bersangkutan.
Sekian kira-kira saran dari saya terkait tips dan trik memilih jurusan yang akan temen2 pilih dalam pendaftaran SNMTPN nanti. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan pernah berpikir keluar dari jurusan yang temen2 dapatkan dari SNMPTN karena belum tentu tahun depan temen2 akan dapatkan hal yang sama.
source : http://www.ptn-online.com/pendaftaran-snmptn/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar